About Us

Centrion Institute resmi didirikan pada tanggal 8 Agustus 2006 oleh Sobri Al Majid, S.Si., MM, CHt, CT.NLP, CPS, sebagai Pelatih Sukses Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat SMA. Centrion Institute saat ini adalah satu-satunya lembaga pelatihan Olimpiade Sains Nasional dengan pendiri yang memiliki sertifikat resmi berstandar negara, yaitu sebagai instruktur utama dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Republik Indonesia.

Diawal berdirinya, tahun 2005 Centrion Institute merupakan organisasi para peraih medali OSN SMA dan Internasional yang memiliki satu tujuan untuk membantu memeratakan pendidikan sains untuk SMA-SMA di seluruh wilayah Indonesia.

Mulai tahun 2006, Centrion Institute merekrut dan mengembangkan staf pengajar dengan kemampuan terbaik di bidang olimpiade sains SMA, yang berasal dari ITB (Institut Teknologi Bandung), UGM (Universitas Gadjah Mada), dan UI (Universitas Indonesia), yang telah berpengalaman mengajar di Pelatihan Nasional Tim Olimpiade Sains SMA, bertugas sebagai panitia OSN SMA, berperan sebagai asisten juri OSN SMA Indonesia dan tentunya berprestasi di level OSN dan Olimpiade Internasional SMA sejak tahun 2005, serta berprestasi dalam kompetisi-kompetisi lain di bidang pendidikan di Indonesia.

Di Tahun 2011, Centrion Institute telah memiliki pengajar-pengajar di bidang: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Komputer, Ekonomi, dan Kebumian. dan Pada tahun 2013 menambah bidang baru, yaitu Geografi.

Mengikuti Perkembangan Dunia OSN yang semakin menantang saat ini, Centrion Institute terus melakukan inovasi metode Pendidikan, yang kami sebut METTA CREATIVE LEARNING.  Metta diambil dari Bahasa Pali, yang berarti “Kemampuan diatas rata-rata”, dan Metta memiliki Kepanjangan: Multi Enlightment Talents & Achievement.

Dengan Metta Creative Learning, Centrion memulai dari proses yang sangat dasar, mencetak bibit juara sesuai kemampuan maksimal siswa di bidang terbaiknya, hingga mengantarkan siswa dari sekolah tersebut mencapai Peak Performance pada Olimpiade Sains Nasional atau Internasional. Inilah metode yang membantu Pencerahan bagi sekolah-sekolah yang belum pernah mencicipi medali OSN sebelum Centrion latih.

Keunggulan yang dimiliki Centrion Institute adalah:

  • Telah mencetak lebih dari 200 peraih medali Olimpiade Sains Tingkat Nasional dan Internasional Tahun 2006-2016
  • Memiliki hanya tiga tim pengajar tetap yang bergabung rata-rata 3-5 tahun
  • Tidak menggunakan sistem outsourcing berbeda pengajar dalam setiap pelatihan
  • Fokus dengan pelatihan semi private dengan jumlah peserta 3-6 siswa/bidang
  • Pelatihan fleksibel dan berjenjang sesuai kemampuan awal yang dimiliki siswa
  • Membatasi jumlah sekolah atau dinas pendidikan yang dilatih dalam setiap bulan
  • Networking yang luas di jajaran praktisi Peraih Medali dan PelatNas OSN SMA
  • Berpengalaman tidak hanya melatih siswa, namun juga jajaran guru SMA unggulan atau Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama
  • Terbukti berhasil mengangkat SMA atau Dinas Pendikan daerah yang belum pernah mencicipi medali OSN sebelum kami latih, seperti: MAN Insan Cendekia Jambi, DikNas Kabupaten Sumbawa, SMAN 1 Batang, SMAN 1 Kendal, MAN Insan Cendekia Gorontalo (2006-2008 dan 2012-2015), SMA Hayatan Thayyibah Sukabumi, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang, SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang, SMA Fons Vitae 1 Marsudirini, dll
  • Memiliki klien institusi unggulan seperti: SMA Negeri 8 Jakarta (2009-2013), MAN Insan Cendekia Gorontalo (2012-2015), DikNas Provinsi Jawa Tengah (2011), DikNas Kota Padang Panjang (2011-2012), dan DikNas Provinsi Sumatera Barat (2012-2014), dll.
Copyright 2016 – Centrion Institute